Vacuum Pump Kenali Tipe Sesuai Kebutuhan

Vacuum Pumps ANLET

Perkembangan industri di Indonesia salah satunya ditandai dengan banyaknya penerapan teknologi baru, termasuk produsen vacuum pump atau pompa vakum yang dapat dipakai untuk keperluan di dunia industri. Namun, setiap tipe tentu memiliki poin tersendiri dalam penggunaannya. Apa saja itu ?

Apakah Itu Vacuum Pump ?

Pompa vakum adalah alat yang dapat mengeluarkan molekul gas dari satu ruangan tertutup untuk dikeluarkan guna mencapai satu tekanan vakum tertentu. Keberadaan pompa vakum begitu penting, khususnya bagi industri-industri atau pabrik besar.

Di antaranya seperti pabrik elektronik, perusahaan pemurnian oli, perusahaan coating, hingga perusahaan penghasil alat kesehatan untuk radiosurgery, radio pharmacy, dan radiotherapy. Fungsi spesifiknya ialah menciptakan komponen vakum di bagian kondensor.

ANLET Vacuum Pumps
ANLET Vacuum Pumps

Yakni pada saat turbin dan generator di seluruh mesin sedang beroperasi, kemudian uap bekas yang sudah dipakai dan berperan sebagai tenaga pemutar turbin akan berpindah dari sisi satu ke sisi blade yang lain. Fungsi vakum dalam kondensor sangatlah penting.

Uap akan turun dan menyentuh dinding luar, kemudian bagian dalam kondensor akan dialiri media pendingin yang dipompa. Perpindahan panas membuat uap basah menyentuh dinding kondensor walau masih bergerak aktif. Akhirnya, uap akan berkondensasi sampai kembali menjadi wujud air.

Jenis-Jenis Pompa Vacuum

Jenis-jenis vacumm pump terdiri dari tiga, yaitu positive displacement, pompa momentum transfer, dan pompa entrapment. Bagaimana penggunaannya? Simak dalam penjelasan di bawah ini.

1. Positive Displacement

Jenis ini menerapkan prinsip mekanis untuk memperluas volume secara berkesinambungan. Gak dialirkan dengan bantuan pompa, lalu ruang volume sistem akan di-sealing, untuk akhirnya gas dibuang ke atmosfer.

Pompa ini biasa diaplikasikan dalam bentuk pompa manual untuk mengangkat air tanah. Ruang vakum dibentuk di sisi tempat air dikeluarkan. Komposisi dan pola kerjanya pompa akan menghisap air. Lalu air akan naik ke atas dan keluar lewat jalur sebagaimana harusnya.

Pompa air manual yang merupakan jenis Positive Displacement kerap mempunyai komponen seperti Rotor dan Casing. Desain itu menciptakan proses yang terjadi saat pemakaian pompa meliputi masuknya gas dengan tekanan rendah, cairan kompres di bagian Rotor, kemudian gas bertekanan tinggi keluar.

2. Momentum Transfer

Jenis ini menerapkan sistem jet fluida dengan kecepatan tinggi. Pompa ini sering memanfaatkan kipas berkecepatan tinggi untuk menyerap gas yang ada di ruangan tertutup. Pompa ini pilihan yang tepat bila butuh tekanan vakum berintensitas tinggi.

Akselerasi pada molekul gas menciptakan tekanan vakum yang dapat di-set ke mode maksimal, karena prosesnya sendiri mengacu pada prinsip perpindahan gas dari ruangan bertekanan rendah menuju area luar yang tekanannya lebih tinggi.

Performa pompa ini memakai Hukum Dinamika Fluida, maka dibutuhkan penanganan dan penggunaan yang tepat. Molekul fluida dalam ruangan akan saling mendorong, lalu masing-masing molekul fluida akan menciptakan aliran fluida.

Saat jarak antarmolekul berjauhan, mereka cenderung berpindah ke dinding atau sudut ruangan daripada mendekat ke sesama molekul. Makin tinggi tekanan ruangannya, semakin efisien kerja vacuum pump jenis Momentum Transfer ini.

3. Entrapment

Jenis ini memanfaatkan keberadaan zat padat atau zat penyerap untuk menjadi sarana pengikat gas di ruangan tertutup. Pompa ini memakai prinsip di mana tekanan vakum bisa ada dengan cara mengikat gas di ruangan.

Pemakaian jenis Entrapment bisa dilihat pada Cryopump, yaitu pompa berdaya ikat dengan menggunakan permukaan dingin. Pada pompa kimia juga, di mana pompa akan mengikat gas ketika bereaksi atau membentuk zat padat lain.

Selanjutnya adalah pompa ionisasi, yakni pompa yang memakai potensial bertegangan tinggi supaya gas terionisasi dan terakselerasi ke bagian pengumpul elektroda.

Untuk mendapatkan vacuum pump berkualitas sesuai kebutuhan, Anda bisa percayakan langsung pada kami, termasuk spare part dan juga service-nya. Kami juga membuka kerja sama project IPAL (WWTP, STP, dan WTP), hubungi segera untuk pemesanan dan pembelian melalui kontak tertera!

Vacuum Pump Kenali Tipe Sesuai Kebutuhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas