Kenapa Harus Memakai Diffuser IPAL?

Diffuser IPAL

Diffuser IPAL adalah sebuah media yang bermanfaat untuk memecah udara dari alat seperti blower. Tujuannya agar aliran udara lebih meraja saja. Diffuser ini bisa digunakan pada IPAL atau yang dikenal dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah.

Lalu kenapa harus menggunakan diffuser? Tidakkah bisa hanya memberikan lubang pada pipa untuk menghasilkan gelembung udara? Mari simak jawabannya pada bacaan di bawah ini:

Mengapa Harus Diffuser IPAL?

Sebuah pertanyaan yang mendasar, mengapa harus menggunakan diffuser IPAL? Tidakkah bisa hanya membuat lubang pada pipa saja agar lebih mudah dan hemat. Perhatikan beberapa poin di bawah ini:

1.       Diffuser Membantu Menyeimbangkan Aliran Udara

Pertimbangan yang pertama, diffuser ini mampu membantu menyeimbangkan aliran udara yang direkayasa dan diprediksi dari satu ke yang lainnya. Apabila Anda hanya memakai pipa yang dilubangi saja maka aliran udara dan debit udara di sepanjang pipa tidak akan seimbang dan tidak bisa diperkirakan.

2.       Diffuser Menghasilkan Gelembung Lebih kecil

Tahukah Anda jika diffuser ini menghasilkan gelembung yang lebih kecil dibandingkan dengan hanya dengan melubangi pipa saja. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan diffuser, Anda akan menjumpai jumlah transfer oksigen yang diinginkan lebih sedikit.

Hal inilah yang menandakan bahwa pengoperasian blower lebih rendah dan biaya energinya otomatis juga rendah pula.

Nah pada IPAL atau yang lebih tepatnya bak aerasi, keberadaan diffuser ini sangat membantu tumbuh kembang mikroorganisme atau bakteri yang menguraikan lembah. Mereka akan berkembang secara lebih optimal.

Pembagian Jenis Diffuser

Jika Anda sudah memahami jawaban kenapa harus menggunakan diffuser IPAL dibandingkan hanya dengan melubangi pipa biasa, selanjutnya adalah memahami pembagian diffuser. Secara umum dibagi menjadi dua yaitu:

1.       Diffuser Coarse Bubble

Diffuser Coarse Bubble adalah alat yang menghasilkan gelembung udara yang cukup besar. Bentuknya juga relatif besar. Keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan alat ini adalah tidak mudah tersumbat karena massa udara yang langsung berasal dari bukaan yang lebih besar.

Namun kekurangannya adalah konsumsi energi lebih banyak dibandingkan dengan fine bubble, transfer udara yang lebih rendah serta lebih sedikit waktu kontak.

2.       Diffuser Fine Bubble

Kedua yaitu diffuser fine bubble yang berbeda dengan pertama, yaitu gelembung udara yang dihasilkan relatif lebih kecil dibanding jenis sebelumnya. Keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan alat ini adalah efisiensi aerasi yang tinggi, transfer oksigen tinggi, hanya membutuhkan sedikit energi untuk bekerja.

Tidak hanya itu, jenis ini juga sangat mudah beradaptasi dengan bak yang ada serta memenuhi kebutuhan oksigen yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah rentan terhadap kotoran baik kimiawi maupun biologis, lebih mahal dan membutuhkan pembersihan serta penggantian secara lebih rutin.

Jadi apakah sekarang Anda sudah memikirkan kira-kira ingin membeli jenis yang mana? Jika masih bingung, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi kepada kami hingga menemukan jawaban yang tepat. Anda tidak perlu khawatir karena tim kami sudah sangat profesional dalam bekerja.

Dijamin tidak akan menyesatkan atau membuat rusak usaha Anda. Kami juga menyediakan aneka diffuser untuk IPAL berbagai jenis dan merek. Anda bisa memilih salah satu. Ingat ya, tempat membeli diffuser hanya di kami karena pelayanannya sangat baik, produk yang berkualitas dan harga yang murah.

Diffuser IPAL? Tenang karena sekarang sudah ada pawangnya. Anda bisa melihat katalog kami terlebih dahulu dan mempertimbangkan dengan matang kira-kira untuk kebutuhan apa, suka model yang bagaimana dan merek apa yang diminta. 

Kenapa Harus Memakai Diffuser IPAL?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas